Alat Tensi Omron (Spesifikasi dan Tipe)

Alat tensi Omron merupakan alat tensimeter digital bermerek Omron. Alat tensi Omron ini memiliki beberapa tipe alat tensimeter digital. Di antaranya tipe HEM 7221, tipe HEM 7203, tipe JPN 1, dan sebagainya. Alat tensi ini pada umumnya merupakan alat tensimeter digital yang digunakan untuk mengukur tekanan darah sehari-hari di rumah maupun mengukur tekanan darah pasien di klinik. Tentunya tipe atau model yang digunakan alat tensi Omron untuk di rumah dan di klinik berbeda.



alat tensi omron
Tensimeter Digital Omron



Alat tensi Omron  yang digunakan untuk memeriksa pasien di klinik atau rumah sakit dapat menggunakan alat tensi Omron  model Omron  HEM 907, Omron  HBP 1100, Omron  HBP 9020 dan Omron  HBP 1300, sedangkan alat tensi Omron  yang dapat digunakan di rumah dapat berupa Omron  HEM 7320, Omron  HEM 7322, Omron  HEM 7121, Omron  HEM 7203, Omron  HEM 7120, Omron  HEM 8712, Omron  JPN1, Omron  JPN 2, dan Omron  HEM 7130. Semua tipe tersebut merupakan tensimeter Omron yang digunakan di lengan atas, sedangkan untuk tensi meter digital Omron dapat dipergunakan pada lengan bawah atau pergelangan tangan contohnya ialah Omron HEM 6221, Omron HEM 6131, dan Omron  HEM 6121.

Spesifikasi Alat Tensi Omron Berbagai Tipe

Alat tensi Omron memiliki berbagai macam spesifikasi bergantung pada tipe alat tensimeter. Pada alat tensi Omron tipe HEM 7203 memiliki spesifikasi di antaranya ialah indikator tingkat tekanan darah. Tensimeter digital Omron tipe ini memberikan kemudahan dalam melakukan interpretasi terhadap hasil pengukuran tekanan darah. Selain itu, alat tensimeter digital Omron tipe ini dapat menampilkan hasil pengukuran rata-rata tiga kali pengukuran terakhir yang dilakukan dalam 10 menit.

Selain alat tensi Omron HEM 7203 terdapat alat tensi Omron JPN 1. Alat tensi Omron ini memiliki indikator tekanan darah, deteksi detak jantung yang tidak teratur, mendeteksi pergerakan tubuh. Selain itu alat tensi Omron HEM JPN 1 ini juga memiliki penyimpanan memori sebanyak 60 kali pengukuran yang dilengkapi dengan tanggal dan waktu pengukuran. Alat ini juga dilengkapi dengan teknologi intellisense.

Alat tensi digital ini terdiri  beberapa bagian di antaranya ialah tampilan layar, tombol start atau stop, tombol memori, tombol naik atau turun, tombol pengaturan tanggal dan waktu, port udara, baterai, port listrik AC (opsional), manset ukuran medium dengan lingkar lengan 22-32 cm, penanda berwarna, selang udara, konektor udara dan lain-lain.

Pada tampilan layar tensi digital Omron JPN 1 terdapat beberapa simbol. Di antaranya simbol tekanan darah sistolik, tekanan darah diastolik, simbol detak jantung, simbol memori, simbol deflasi, simbol rata-rata pengukuran, tampilan tanggal/waktu, indikator tekanan darah, tampilan denyut dan nomor memori, simbol baterai, dan simbol detak jantung tidak teratur.

Sebelum melakukan pengukuran tekanan darah dengan menggunakan alat tensi digital Omron, terlebih dahulu kita atur waktu dan tanggal pengukuran. Hal ini dilakukan bila alat tensi digital tersebut baru pertama kali dipakai. Cara mengatur tanggal dan waktu pada alat tensimeter digital sangatlah mudah, yaitu dengan menekan tombol pengatur waktu dan tanggal kemudian tekan tombol naik atau turun yang menunjukkan pada tanggal dan waktu saat ini. Apabila tanggal dan waktu sudah benar, tekan lagi tombol pengatur tanggal dan waktu, lalu tekan tombol start atau stop untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan.



Oleh:  Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber:  Omron healthcare.co.id



Terima kasih untuk Like/comment FB :