Harga Tensi Air Raksa di Toko Alkes

Harga tensi air raksa lebih mahal dibandingkan dengan tensi meter jarum atau aneroid. Harga tensi air raksa berkisar antara 200 ribu rupiah sampai dengan 1,5 juta rupiah. Tensi air raksa banyak digunakan oleh petugas kesehatan dalam mengukur tekanan darah pasiennya. Untuk mengukur tekanan darah pasien dengan menggunakan tensi air raksa dibutuhkan stetoskop sebagai penentu bunyi korotkoff pertama dan terakhir. Bunyi korotkoff pertama yang didengar melalui stetoskop mengindikasikan nilai tekanan sistolik, sedangkan bunyi korotkoff terakhir yang didengar menandakan nilai tekanan diastolik.



harga tensi air raksa
Tensi Raksa Merek GEA


Mengukur tekanan darah dengan menggunakan tensi air raksa harus dilakukan dengan benar. Pengukuran tekanan darah dengan menggunakan tensi air raksa dapat dilakukan pada pasien dengan posisi tidur atau duduk. Sebelum melakukan pengukuran tekanan darah, apabila pasien terlihat cemas, maka berikan waktu beberapa menit untuk pasien beristirahat. Manset harus ditempatkan pada lengan bagian atas dan bersentuhan dengan kulit. Apabila terdapat kain baju yang menghalangi maka lepas terlebih dahulu kain baju tersebut.

Manset dipasang dengan mengelilingi seluruh lengan atas. Apabila manset tidak dapat mengelilingi lengan sepenuhnya maka manset harus ditempatkan tepat di atas arteri brakhialis. Tabung karet manset biasanya ditempatkan pada bagian inferior di lokasi arteri brakialis, tetapi akan lebih baik untuk menempatkannya pada bagian superior atau posterior sehingga fossa antecubital mudah diakses untuk auskultasi.

Bel stetoskop memberikan hasil suara yang baik pada bagian diafragma stetoskop dan lebih mudah untuk mengamankan diafragma stetoskop tersebut dengan jari tangan yang mencakup area yang luas.

Untuk mengukur tekanan darah pada kaki dan paha harus menggunakan manset dengan ukuran besar (18 x 24 cm) untuk orang dewasa dan harus melilit pada paha pasien. Korotkoff suara auskultasi di fossa poplitea dengan cara yang biasa. Pengukuran tekanan darah di kaki adalah sama dengan pengukuran tekanan darah di lengan dengan menggunakan manset yang memiliki ukuran yang sesuai.

Untuk memulai pengukuran tekanan darah, gunakan manset dengan ukuran yang sesuai. Panjang manset ini harus setidaknya dapat mencakup 80% lingkar lengan atas. Bungkus manset sekitar lengan atas dengan tepi bawah satu inci manset di atas fossa antecubital. Tekan sedikit bel stetoskop di atas arteri brakialis tepat di bawah tepi manset ini. Pompa manset dengan menggunakan balon pemompa dan lepaskan atau buka kunci pemompa secara perlahan.

Dengarkan dengan stetoskop dan sekaligus mengamati alat tensi meter air raksa tersebut. Bunyi ketukan pertama (Korotkoff) menandakan tekanan sistolik. Ketika suara ketukan menghilang, menandakan tekanan diastolik (seperti 120/80).

Perhatikan tekanan di kedua lengan dan perhatikan perbedaan, catat juga posisi subjek pada posisi telentang, lengan yang digunakan, serta ukuran manset (kecil, standar atau besar cuff dewasa). Jika tekanan darah yang dihasilkan tinggi maka lakukan pengukuran tekanan darah dua kali dengan cara menunggu beberapa menit antara setiap pengukuran yang dilakukan.

Harga Tensi Air Raksa di Toko Alkes

Toko Alkes menjual tensi air raksa yang berasal merek GEA dan Sphygmed. Harga tensi air raksa merek Sphygmed lebih mahal dibandingkan seharga tensi air raksa yang berasal merek GEA. Di toko Alkes  , tensi air raksa  merek  GEA dijual seharga  Rp310.000,00. Untuk tensi air raksa  merek  Sphygmed dijual seharga  Rp 600.00,00. Harga tersebut bukan merupakan harga baku tensi meter air raksa karena dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.


Catatan:
Harga yang tercantum pada artikel ini merupakan harga yang berlaku pada saat artikel ini ditulis. Untuk mengetahui harga terbaru alat tensimeter, Anda dapat menghubungi costumer service Toko Alkes atau mengunjungi web tokoAlkes.com.



Oleh:  Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber:   tokoAlkes.com, medcaretips.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :