Tensi Digital Omron HEM 7203 (Jepang)

Tensi digital Omron merupakan tensimeter digital yang diproduksi oleh negara Jepang. Tensi digital Omron menjadi salah satu tensimeter digital yang banyak dicari di Indonesia. Kualitas tensimeter digital Omron tidak perlu diragukan lagi. Tensimeter digital merek Omron ini memiliki spesifikasi yang dapat melakukan pengukuran tekanan darah pada batas tertentu bahkan, terdapat alat tensimeter digital Omron yang dapat melakukan pengukuran tekanan darah sistolik di atas 180 mmHg. Salah satu model tensimeter digital Omron yang dapat melakukan pengukuran tekanan darah dengan tekanan sistolik di atas 200 mmHg ialah tensimeter digital Omron HEM 7203.




tensi digital omron
Tensimeter Digital Omron


Tensi Digital Omron  HEM 7203

Tensi digital Omron model HEM 7203 dilengkapi dengan indikator tekanan darah. Selain itu, tensimeter digital Omron HEM 7203 juga memiliki memori 30 kali pengukuran yang dilengkapi dengan waktu dan tanggal pengukuran tekanan darah tersebut dilakukan. Kemudian alat tensi digital Omron ini juga dapat melihat 3 kali pengukuran terakhir dalam 10 menit. Alat tensi digital ini terdiri  beberapa bagian di antaranya ialah tampilan layar, tombol start atau stop, tombol memori, tombol naik atau turun, tombol pengaturan tanggal dan waktu, port udara, baterai, port listrik AC (opsional), manset ukuran medium dengan lingkar lengan 22-32 cm, penanda berwarna, selang udara, konektor udara, dan lain-lain.

Pada tampilan layar tensi digital Omron HEM 7203 terdapat beberapa simbol yang mengandung makna tersendiri. Di antaranya terdapat simbol tekanan darah sistolik, tekanan darah diastolik, simbol detak jantung, simbol memori, simbol deflasi, simbol rata-rata pengukuran, tampilan tanggal/waktu, indikator tekanan darah, tampilan denyut dan nomor memori dan simbol baterai.

Sebelum melakukan pengukuran tekanan darah dengan menggunakan alat tensi digital Omron ini terlebih dahulu kita atur waktu dan tanggal pengukuran. Hal ini dilakukan bila alat tensi digital tersebut baru pertama kali dipakai. Cara mengatur tanggal dan waktu pada alat tensimeter digital ini sangatlah mudah, yaitu dengan menekan tombol pengatur waktu dan tanggal kemudian tekan tombol naik atau turun yang menunjukkan pada tanggal dan waktu saat ini. Apabila tanggal dan waktu sudah benar, tekan lagi tombol pengatur tanggal dan waktu. Lalu tekan tombol start atau stop untuk menyimpan perubahan yang telah dilakukan.

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa tensi digital Omron HEM 7203 memiliki memori 30 kali pengukuran. Alat tensimeter digital ini juga dapat menghitung rata-rata 3 kali pengukuran yang dilakukan dalam kurun waktu 10 menit. Apabila dalam kurun waktu 10 menit hanya dilakukan dua kali pengukuran maka nilai rata-rata yang muncul adalah rata-rata  2 kali pengukuran bila hanya 1 kali pengukuran yang dilakukan dalam kurun waktu 10 menit, maka yang ditampilkan hanya nilai rata-rata satu kali pengukuran.

Apabila memori alat tensimeter digital tersebut penuh, maka alat akan melakukan penghapusan data pengukuran yang dilakukan pertama kali atau terlama. Untuk menghapus memori dapat dilakukan pada saat simbol memori muncul kemudian tekan tombol memori bersamaan dengan tombol start atau stop selama kurang lebih 2 sampai 3 detik. Namun, alat tensimeter ini tidak dapat menghapus memori secara parsial. Setelah memori dihapus, barulah alat tensimeter digital tersebut dapat digunakan kembali untuk melakukan pengukuran tekanan darah.



Oleh:  Bidan Rina
Editor: Adrie Noor
Sumber:  Omron healthcare.co.id



Terima kasih untuk Like/comment FB :