Tensi Digital

Tensi digital merupakan alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah dengan menggunakan mesin. Hasil dari pengukuran tekanan darah yang dilakukan dengan tensi digital ini akan tertera pada display. Disamping tekanan darah, display dari tensi digital ini juga akan menunjukkan denyut nadi dari orang yang diperiksa tersebut. Tensi digital ini di produksi agar dapat memudahkan penggunanya dalam melakukan pemeriksaan tekanan darah. Tekanan darah hasil pengukuran tersebut akan tersedia secara otomatis pada layar alat tersebut. Alat ini lebih cocok untuk digunakan dalam mengukur tekanan darah sehari-hari bagi pasien dengan penyakit hipertensi.

Penderita penyakit hipertensi perlu memiliki tensi digital untuk memantau tekanan darah nya. Karena pada pasien penyakit hipertensi di haruskan mengkonsumsi obat anti hipertensi yang dapat menyebabkan penurunan tekanan darah secara bertahap atupun turun drastis. Sehingga pendrita penyakit hipertetnsi perlu secara berkala mengukur tekanan darah nya dengan menggunakan tensi digital.


Tensi Digital
Tensimeter digital Omron

Tensi Digital
Mengukur tekanan darah menggunakan tensimeter digital


Penggunaan alat tensimeter digital oleh penderita penyakit hipertensi dapat dilakukan oleh penderita penyakit tersebut ataupun dengan bantuan orang lain. Berbeda halnya apabila mengukur tekanan darah dengan menggunakan tensimeter manual, penderita penyakit hipertensi harus meminta tolong pada orang lain yang dapat melakukan pengukuran tekanan darahnya dengan menggunakan tensimeter manual. Sehingga dapat dikatakan bahwa mengukur tekanan darah dengan menggunakan alat tensimeter digital lebih mudah dibandingkan dengan tensimeter manual. Terlebih lagi apabila pengukuran tekanan darah harus dilakukan pada beberapa orang yang jumlahnya banyak, maka penggunaan alat tensimeter digital dapat menjadi pilihan dalam melakukan pengukuran tekanan darah tersebut.

Perawatan Tensi Digital

Tensi digital merupakan alat yang membutuhkan perawatan setelah di gunakan untuk mengukur tekanan darah. Perawatan yang di lakukan cukup mudah, sehingga bisa di lakukan oleh siapapun. Perwatan tensi digital ini dilakukan dengan tujuan agar alat tensi meter ini dapat bertahan lama dan tidak mudah rusak. Berikut terdapat beberapa cara dalam melakukan perawatan alat tensi digital yaitu :
  1. Membersihkan tensi meter digital. Cara membersihkan tensi meter digital cukup dilakukan dengan menggunakan tisu basah. Lap bagian luar dari tensi meter digital dan jangan samapi menyentuh tombol pada tensi meter digital tersebut. Bagian yang di lap oleh tisu basah ialah bagian display, bagian belakang mesin, dan bagian selang CUFF.
  2. Pemeliharaan sehari-hari. Cara melakukan pemeliharaan dari alat tensi meter digital ini ialah dengan mengganti batrerai pada waktu bersamaan apabila baterai yang digunakan telah habis. Apabila alat tensi meter digital tidak akan di gunakan dalam waktu lama atau lebih dari sebulan maka lepaskaan baterai mesin tensi meter digital untuk mencegah terjadinya kebocoran alat. Gunakan baterai yang bersifat tahan lama seperti baterai Alkaline. Jangan menggunakan baterai casan atau baterai yang dapat digunakan kembali karena dapat mempengaruhi hasil pengukuran dan membuat alat tensi meter digital mudah cepat rusak. Baterai bekas alat tensi meter digital tersebut dibuang sesuai aturan yang berlaku.
Pengukuran dengan menggunakan alat tensi meter digital dapat dilakukan kapan saja. Begitu pula dengan perawatan nya dapat dilakukan kapan saja sesuai dengan kebutuhan nya. Perwatan alat tensi meter digital dapat dilakukan misalnya setiap 1 bulan sekali sedangkan untuk pemeliharaan nya dapat dilakukan setiap hari.

Setelah melakukan pengukuran tekanan darah dengan menggunakan alat tensi meter digital, jangan lupa untuk membersihkan nya kembali sebelum di simpan pada tempaatnya. Apabila alat tensi meter deigital terlihat kotor atau berdebu, gunakan tisu basah untuk membersihkannya. Pembersihan hanya dilakukan pada bagian luar alat tensi meter digital.




Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • tokoalkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :