Tensi Darah Tinggi

Tensi darah tinggi disebut juga dengan hipertensi. Tensi darah tinggi atau hipertensi ialah suatu keadaan dimana tekanan darah melebihi batas normal. Tekanan darah seseorang dapat mengalami kenaikan karena beberapa faktor, diantranya karena faktor dari dalam seperti pola hidup yang tidak sehat, genetika, dan lain sebagainya. Ataupun karena faktor dari luar seperti penyakit lain yang diderita sehingga menyebabkan tensi darah tinggi. Untuk mencegah tensi darah tinggi, seseorang dapat melakukan pola hidup sehat dalam kehidupannya sehari-hari. Pola hidup sehat ini bukan hanya berkaitan dengan pengaturan pola makan tetapi juga pengaturan aktifitas yang dapat membuat tensi darah tinggi.

Apabila sudah terlanjur tejadi tensi darah tinggi, maka orang tersebut harus segera mengatasi tekanan darahnya agar dapat mendekati normal dengan cara melakukan pengobatan. Pengobatan yang dilakukan selain dengan mengubah pola hidup menjadi pola hidup sehat, juga dapat dilakukan dengan cara mengkonsumsi obat-obatan baik obat kimia maupun obat herbal. Obat kimia seperti obat anti hipertensi diperoleh melalui pengobatan melalui dokter. Sedangkan obat-obatan herbal biasanya dapat diperoleh tanpa resep dokter atau pun dapat dibuat sendiri berdasarkan anjuran para ahli herbalis.


Tensi Darah Tinggi
Tensi digital omron

Mengukur tekanan darah menggunakan tensimeter digital


Cara Mengatasi Tensi Darah Tinggi

Cara mengatasi tensi darah tinggi dapat dilakukan dengan cara salah satunya ialah mengatur pola hidup. Pola hidup yang diterapkan ialah pola hidup sehat yang berkaitan dengan pencegahan penyakit tekanan darah tinggi. Berikut terdapat pola hidup sehat yang dapat dijadikan sebagai cara mengatasi tensi darah tinggi, yaitu :
  • Mengurangi konsumsi garam
Mengurangi konsumsi garam merupakan salah satu bagian dari pola hidup sehat. Asupan garam setiap harinya harus dibatasi. Maksimal asupan garam setiap harinya ialah maksimal 1 sendok teh. Walaupun belum terdapat penelitian yang meneliti hubungan asupan garam dengan penyakit huipertensi namun hal ini patut dicoba. Karena berdasarkan pengalaman para penderita penyakit tekanan darah tinggi menunjukkan bahwa dengan membatasi asupan garam maksimal 1 sendok teh per hari dapat menurunkan tekanan darah.
  • Mengkonsumsi makanan sehat
Mengkonsumsi makanan yang sehat seperti buah-buahan dan sayuran dapat menjadi cara mengatasi tensi darah tinggi. Mengkonsumsi makanan sehta ini dipercaya mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Selain itu kita wajib menghindari makanan yang mengandung lemak tinggi karena dapat menyebabkan kolesterol tinggi dan meningkatkan tekanan darah.
  • Melakukan kegiatan fisik atau oleh raga
Berolah raga atau melakukan kegiatan fisik lainnya dapat mengurangi peningkatan berat badan. Peningkatan berat badan atau obesitas itu sendiri merupakan faktor pemicu terjaidnya tekanan darah tinggi.
  • Melakukan terapi relaksasi
Melakukan terapi relaksasi dapat menjadi salah satu cara dalam menurunkan tensi darah tinggi. Terapi relaksasi yang dilakukan dapat berupa yoga, meditasi dan manajemen stres. Seperti yang kita ketahui bahwa salah satu faktor penyebab timbulnya tekanan darah tinggi ialah stres.
  • Berhenti merokok
Berhenti merokok merupakan salah satu cara dalam mengatasi tensi darah tinggi. Merokok dapat memicu terjadinya peningkatan tekanan darah. Sehingga dengan cara berhenti merokok inilah tekanan darah dapat kembali mendekati nilai normal.
  • Mengurangi minuman berkafein
Mengurangi minuman berkafein seperti kopi telah terbukti mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Maksimal kita dapat meminum minuman berkafein ini ialah maksimal 3 cangkis sehari. Apabila kita meminum minuman berkafein melebihi 3 cangkir sehari maka dapat meningkatkan tekanan darah menjadi tekanan darah tinggi.




Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber:
  • alodokter.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :