Tensi Darah Digital

Tensi darah digital merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah secara digital. Tensi darah digital digunakan lebih mudah dibandingkan dengan menggunakan tensi darah manual. Tensi darah digital memiliki harga yang bervariasi tergantung dari pada spesifikasi yang ditawarkan. Tensi darah digital ini dapat diperoleh di berbagai toko alat kesehatan yang menjual tensi digital. Harga dari tensi digital berkisar antara Rp 500.000 – Rp 2.000.000. Tentunya harga ini merupakan harga standar yang mudah di jangkau oleh semua kalangan masyarakat.

Tensi darah digital sangat mudah untuk digunakan. Sehingga semua kalangan masyarakat dapat menggunakannya. Cukup dengan menekan tombol yang ada dalam tensi darah digital tersebut, maka hasil pengukuran tekanan darah dapat terlihat pada layar atau monitor alat tersebut. Namun alat ini memerlukan perawatan yang hati-hati agar tidak mudah rusak.



Tensi Darah Digital
Tensi darah digital omron

Mengukur tekanan darah menggunakan tensimeter digital


Pengukuran tekanan darah dengan menggunakan tensi digital perlu dilakukan dengan hati-hati agar tidak mempengaruhi pada hasil pengukuran. Selain itu tensimeter digital juga perlu dirawat dengan sebaik mungkin. Apabila dari tensimeter digital tersebut menunjukkan simbol baterai melemah pada layar atau monitor, maka baterai harus diganti semua pada saat yang bersamaan. Baterai yang disarankan untuk digunakan oleh tensi meter digital adalah baterai alkaline yang tahan lama. Apabila tensi meter digital tidak akan digunakan dalam waktu yang lama misalkan lebih dari 1 bulan, maka keluarkan baterai untuk mencegah kebocoran yang dapat menyebabkan alat rusak. Apabila baterai dikeluarkan dari tensi meter digital dalam waktu yang lama, maka perlu engaturan tanggal dan waktu kembali pada saat tensi meter digital akan digunakan.

Baterai yang sudah habis untuk digunakan pada alat tensi meter digital dibuang sesuai dengan aturan yang berlaku. Jangan menggunakan baterai casan atau baterai yang dapat digunakan kembali karena dapat berpengaruh terhadap hasil pengukuran tekanan darah dan dapat membuat alat menjadi mudah rusak. Selain itu yang terpenting pilihlah alat tensi digital yang memiliki garansi resmi dari produsennya untuk menjamin kualitas alat yang digunakan.

Cara Menggunakan Tensi Darah Digital


Cara menggunakan tensi darah digital cukuplah mudah. Cara menggunakan tensi darah digital ini hampir sama dengan menggunakan alat tensi darah manual. Cara menggunakan tensi darah digital ini diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Pertama, pasang cuff pada lengan atas tangan yang dominan.
  • Kedua, hubungkan selang yang ada pada cuff dengan mesin tensi digital.
  • Ketiga, tekan tombol on pada mesin tensi digital. Biarkan cuff mengembang dan berhenti dengan sendirinya.
  • Keempat, setelah mesin berhenti memompa, lihat pada layar atau monitor hasil tekanan darah yang ditunjukkan.
  • Kelima, matikan mesin tensi digital dengan cara menekan tombol off pada mesin.
  • Keenam, lepaskan cuff dari lengan dan lepaskan selang cuff dari mesin tensi digital.
Pada saat melakukan pengukuran tekanan darah dengan menggunakan tensi darah digital, tunggulah 2-3 menit sebelum melakukan pengukuran tekanan darah berikutnya. Hal ini bertujuan agar dalam melakukan pengukuran tekanan darah berikutnya, pembacaan hasil akan memberikan nilai yang tepat karena pembuluh darah arteri diberi kesempatan untuk kembali pada kondisi semula. Kemudian anjurkan pada pasien agar jangan bergerak-gerak pada saat melakukan pengukuran tekanan darah dnegan menggunakan tensimeter digital. Keadaan ini dapat membuat eror pengukuran tekanan darah. Apabila hal ini terjadi, maka pengukuran tekanan darah dengan menggunakan tensi meter digital perlu diulang.





Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • tokoalkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :