Tekanan Darah Rendah Adalah

Tekanan darah rendah adalah suatu kondisi dimana tekanan darah berada di bawah normal. Tekanan darah rendah adalah keadaan yang beresiko dan dapat membuat orang yang mengalami tekanan darah rendah pingsan. Tekanan darah rendah adalah suatu kondisi yang diakibatkan karena berbagai faktor. Tekanan darah rendah adalah akibat yang dapat terjadi karena efek samping obat. Bebrapa jenis obat yang dikonsumsi dapat meimbulkan efek samping yaitu berupa tekanan darah rendah atau hipotensi. Obat-obatan yang telah diketahui memiliki efek samping untuk terjadinya tekanan darah rendah adalah obat antidepresan dan obat anti hipertensi.

Tekanan darah rendah adalah nama lain dari hipotensi. Selain pada orang yang mengkonsumsi obat-obatan tertentu, yang berpeluang untuk mengalami tekanan darah rendah adalah orang yang sedang mengalami penyakit diabetes mellitus. Penyakit diabetes mellitus merupakan suatu penyakit karena gangguan metabolisme khususnya gula dalam tubuh. Sehingga kadar gula dalam tubuh menjadi berlebih. Akibat kelebihan gula tersebut maka tubuh akan mencoba mencerna gula tersebut dengan menggunakan energi yang ada dalam tubuh. Sehingga penderita penyakit diabetes mellitus ini sering merasakan lemas dan mempunyai tekanan darah rendah.


Tekanan Darah Rendah Adalah
Alat tensi darah manual dan digital

Tekanan Darah Rendah Adalah Hipotensi

Hipotensi oleh masyarakat umum sering disebut juga dengan tekanan darah rendah. Tekanan darah rendah adalah suatu tekanan darah yang berada di bawah 120/80 mmHg. Tekanan darah rendah ini dapat terdiagnosa melalui suatu pemeriksaan dengan menggunakan suatu alat yang bernama tensimeter. Cara untuk mengetahui seseorang terkena tekanan darah rendah adalah dengan mengukur tekanan darahnya dengan menggunakan tensimeter, selain itu ada cara lain dalam mengukur tekanan darah rendah adalah dengan mengukur darah totalseperti kadar gula, elektrokardiogram, ekokardiogram, uji stress, manubervalsava, dan uji tabel tilt.

Tekanan darah rendah atau hipotensi dapat diatasi berdasarkan gejala yang timbul. Bila tekanan darah rendah tersebut timbul tanpa gejala maka menangani tekanan darah rendah ini tidak memerlukan tindakan khusus. Sedangkan bila tekanan darah rendah timbul bukan karena penyakit maka cara mengatasinya dapat dilakukan dengan melakukan aktifitas ringan yang dapat menaikkan tekanan darah. Dan bila tekanan darah rendah timbul sebagai akibat dari mengkonsumsi obat-obatan, maka hentikan konsumsi obat-obatan tersebut sementara waktu sampai tekanan darahnya kembali normal. Sedangkan bila obat-obatan yang menimbulkan tekanan darah tersebut harus tetap diminum, konsultasikan dengan dokter terhadap efek samping yang timbul mengenai tekanan darah rendah atau diganti dengan obat lain yang memiliki fungsi yang sama namun tidak menimbulkan efek samping.

Tekanan atau tensi darah rendah adalah suatu keadaan yang terjadi karena beberapa sebab. Tensi darah dapat terjadi karena volume darah yang berkurang, pelebaran pembuluh darah, perubahan hormonal, pengaruh obat-obatan, kurang darah, masalah jantung atau masalah yang berkaitan dengan kelenjar endokrin. Volume darah yang berkurang dapat terjadi melalui perdarahan dan kekurangan cairan. Volume darah yang kurang juga dapat terjadi karena konsumsi obat-obatan golongan diuretik. Obat diuretik memiliki efek samping dalam berkemih. Efek samping tersebut membuat tubuh kekurangan cairan dan membuat menjadi tekanan darah yang rendah atau hipotensi.

Tekanan darah rendah juga dapat terjadi karena heat stroke. Heat stroke merupakan kondisi dimana terjadi kekurangan cairan akibat terkena paparan sinar matahari dalam jangka waktu yang lama. Selain itu kekurangan cairan juga dapat mengakibatkan pusing kepala, dan air seni berubah menjadi warna kecokelatan.





Oleh : Bidan Rina

Sumber :
  • id.wikipedia.org




Terima kasih untuk Like/comment FB :