Cara Menurunkan Tensi Darah

Cara menurunkan tensi darah dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa cara. Salah satu cara menurunkan tensi darah yang paling umum dilakukan oleh masyarakat ialah dengan mengkonsumsi obat penurun tekanan darah. Obat penurun tekanan darah ini diperoleh melalui resep dokter. Resep dokter di dapatkan dengan cara melakukan pemeriksaan sebelumnya pada dokter. Pemeriksaan dilakukan dengan memriksa tekanan darah pasien terlebih dahulu dengan menggunakan tensimeter. Setelah terdiagnosa memiliki tekanan darah yang tinggi, maka dokter akan memberikan pengobatan berupa pemberian obat-obatan penurun tekanan darah.


Cara Menurunkan Tensi Darah
Mengukur tensi darah menggunakan tensimeter digital

Tensimeter digital merk polygreen


Cara menurunkan tensi darah dengan menggunakan obat penurun tekanan darah ini perlu dilakukan bersamaan dengan pemantauan tekanan darah. Karena dengan mengkonsumsi obat penurun tekanan darah maka dapat menyebabkan tekanan darah menurun bahkan tekanan darah mengalami drop atau turun secara drastis. Sehingga saat mengkonsumsi obat penurun tekanan darah ini diperlukan pemantauan tekanan darah secara berkala.

Cara Menurunkan Tensi Darah dengan Obat

Cara menurunkan tensi darah dengan obat dilakukan apabila cara menurunkan tensi darah dengan mengubah pola hidup tidak berhasil. Obat yang dikonsumsi dalam melakukan cara menurunkan tekanna darah dilakukan dengan mengkonsumsi obat penurun tekanan darah atau yang biasa disebut dengan obat anti hipertensi. Obat-obatan penurun tekanan darah tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :
  • Calcium Channel Blockers
Calcium Channel Blockers merupakan obat anti hipertensi yang bekerja dengan cara mencegah kalsium agar tidak dapat masuk ke dalam sel-sel otot jantung dan pembuluh darah. Calcium Channel Blockers ini mampu merilekskan pembuluh darah arteri dan menurunkan tekanan darah.
  • Beta-Blockers
Beta Blockers merupakan obat anti hipertensi yang bekerja dengan cara membuat jantung agar berdetak lebih lambat dengan menggunakan tenaga yang minimal, sehingga dapat mengakibatkan tekanan darah menurun. Obat-obatan beta blocker ini harus digunakan secara hati-hati karena beta blockers ini mempunyai efek samping atau interaksi apabila digunakan bersamaan dengan obat-obatan lainnya. Untuk itu, apabila akan menggunakan obat ini, maka konsultasikan terlebih dahulu dengan dokter yang menangani apabila akan digunakan bersamaan dengan obat lainnya. Hal yang dikhawatirkan akan terjadi apabila menggunakan obat ini bersamaan dengan obat lain yang menimbulkan suatu reaksi maka dapat menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah secara drastis atau serangan angina.
  • Angiotensin-converting Enzyme (ACE) Inhibitor
Angiotensin-converting Enzyme (ACE) Inhibitor ini merupakan obat anti hipertensi yang bekerja dengan cara membuat dinding pembuluh darah lebih rileks, sehingga obat-obatan ini mampu mengurangi tekanan darah. Penggunaan obat ini dapat menimbulkan efek samping berupa batuk kering yang berkelanjutan. Apabila efek samping yang ditimbulkan ini dianggap mengganggu maka pasien disarankan untuk beralih pada obat Antagonis Reseptor Angiotensin-2 yang memiliki fungsi yang sama dengan obat ini.

Cara menurunkan tensi darah tersebut dapat dilakukan tentunya dengan pengawasan dari dokter yang menangani. Konsltasikan lebih lanjut apabila tekanan darah tidak menunjukkan penurunan setelah mengkonsumsi obat-obatan tersebut. Cara menurunkan tensi darah dengan obat-obatan dapat pula dilakukan bersamaan dengan menggunakan obat herbal. Obat herbal ini dapat digunakan dengan obat anti hipertensi. Tentunya dengan di konsultasikan terlebih dahulu pada dokter yang menangani. Biasanya pengobatan herbal ini dapat dilakukan bersamaan dengan obat anti hipertensi karena tidak memberikan reaksi yang signifikan. Sehingga obat herbal ini dikategorikan cukup aman pabila digunakan bersamaan dengan obat-obatan anti hipertensi lainnya. Sehingga penurunan tekanan darah dapat tercapai dengan maksimal.





Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber:
  • alodokter.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :