Alat Tensi Darah Digital

Alat tensi darah digital merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah yang digunakan dengan cara yang cukup praktis dan mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Pada umumnya berbeda dengan tensi darah digital, pada tensi darah manual paling banyak digunakan oleh para petugas kesehatan. Para petugas kesehatan dapat mengoperasikan alat tensi darah tersebut dikarenakan latihan yang dilakukan selama masa pendidikan. Sedangkan untuk alat tensi darah digital tidak memerlukan latihan khusus. Sehingga semua kalangan masyarakat dapat melakukannya setelah mendapatkan penjelasan cara mneggunakan alat tensi darah digital tersebut.

Mengukur tekanan darah dengan menggunakan alat tensi digital tidak memerlukan stetoskop untuk mengetahui tekanan sistolik dan tekanan diastoliknya. Berbeda sengan alat tensi manual yang memerlukan stetoskop untuk menentukan tekanan sistolik dan tekanan diastoliknya.


Alat Tensi Darah Digital
 Alat tensi darah digital

Alat Tensi Darah Digital
Mengukur tensi darah dengan tensi digital

Spesifikasi Alat Tensi Darah Digital

Pada masa sekarang ini alat tensi darah digital menjadi alat kesehatan yang mudah di temui dalam kehidupan sehari-hari. Pasalnya kini banyak orang yang sudah menggunakan alat tensi darah digital untuk mengukur tekanan darahnya sendiri. Berikut terdapat beberapa spesifikasi alat tensi darah digital berdasarkan merk dari alat tensi darah digital tersebut.
  • Alat tensimeter digital Omron HEM 7111 memiliki fitur dalam meakukan pengukuran tensi darahnya menggunakan metode pengukuran Oscillometric method, rentang pengukuran dari alat tensi darah ini berkisar antara 0 mmHg sampai dengan 299 mmHg dengan detak jantung 40-180 kali per menit. Akurasi yang dihasilkan kurang lebih 3 mmHg, akurasi detak jantung kurang lebih 5 %, memiliki daya tahan baterai selama 300 kali pengukuran, umlah dari fasilitas memori ialah 14 memori, serta garansi selama 2 tahun.
  • Alat tensimeter digital merk Omron HEM 7203 memiliki fitur sebagai berikut digunakan pada pergelangan tangan atas, menggunakan oscillometric methor, dapat mengukur hingga 299 mmHg, dapat mengukur jantung 40-180 kali permenit, tingkat akurasi dari pengukuran tensi darah ialah sebesar 3% dan penyukuran nadi sebesar 5%, baterai dapat bertahan hingga 1.500 kali pengukuran.
  • Alat tensimeter digital merk Polygreen KP-6931 memiliki fitur harga yang murah, design simpel dan mudah digunakan terutama oleh lansia, garansi 1 tahun, digunakan di atas lengan.
  • Alat tensimeter digital merk plygreen KP6230 memiliki fitur digunakan di lengan bawah seperti jam, hemat energi, memori 2x50, harga cukup murah dibandingkan dengan produksi sejenis.
  • Alat tensimeter digital merk KP 7520 memiliki fitur pengukuran dengan metode oscilometrix methode, dapat digunakan 2 orang secara bersamaan dengan menejemen memori yang berbeda. Hemat energi, baterai alkaline yang baru dapat digunakan kurang lebih 250 kali pengukuran. Auto off atau alat akan mai dengan sendirinya apabila dalam waktu150 detik bila tidak digunakan. Dilengkapi dengan standar WHO yaitu normal, normal high dan high.
  • Alat tensimeter digital merk Omron HEM 7201 memiliki fitur digunakan pada pergelangan tangan atas, menggunakan metode oscillometric, dapat mengukur sampai dengan 299 mmHg, nadi 40-180 kali per menit, akurasi pengukuran kurang lebih 3 persen, baterai baru alkaline dapat melakukan 1500 kali pengukuran dengan baterai alkaline baru.
  • Alat tensimeter digital merk Omron HEM 6111 memiliki fitur menggunakan teknologi Fuzzy logic, ditambah dengan indikator hipertensi, dapat digunakan dnegan menekan satu tombol pengoperasian, dapat memperlihatkan jumalh detak jantung per menit, memori 30 set. Biasanya alat tensi ini digunakan pada lengan bawah pasien.




Oleh : Bidan Rina Widyawati

Sumber :
  • tokoalkes.com




Terima kasih untuk Like/comment FB :