Tensimeter Digital (Alat Pengukur Tekanan Darah Elektrik)

Tensimeter Digital alat pengukur tekanan darah yang menggunakan teknologi digital. Alat untuk mengukur tekanan darah disebut dengan tensimeter atau alat tensi darah. Tensimeter yang beredar di pasaran saat ini ada tiga macam yaitu tensimeter air raksa, tensimeter aneroid atau jarum, tensimeter digital atau elektronik. Tensimeter digital adalah alat pengukur tekanan darah yang didalamnya terdapat rangkaian elektronik dan menampilkan hasil dalam bentuk angka digital. Informasi yang ditampilkan biasanya batas bawah atau sistolik, batas atas atau diastolik dan heart rate atau rata-rata detak jantung per menit. Beberapa merk dengan tipe tertentu memiliki fitur yang lebih canggih dapat menampilkan informasi jika terdapat gangguan pada irama jantung.



tensimeter digital
Tensimeter digital Omron


Tensimeter digital ABN


Tensimeter digital cocok untuk digunakan secara pribadi dirumah karena cara pemakaiannya mudah. Anda tidak perlu memiliki keterampilan khusus untuk menggunakan alat ini, bahkan anda dapat mengukur diri anda sendir dengan mudah. Berbeda dengan tensimete manual yaitu air raksa dan aneroid, kedua tensimeter tersebut penggunanya harus memiliki keterampilan tertentu dalam penggunaanya.

Jika anda berusia diatas 40 tahun disarankan untuk melakukan pengukuran tekanan darah secara berkala supaya dapat diketahui secara dini jika ada kelainan pada tensi anda. Tindakan dan penanganan secara dini tentu lebih baik dibandingkan jika penyakit telah muncul.

Tensimeter digital

Alat tensi darah digital disarankan untuk penggunaan secara pribadi di rumah karena mudah digunakan dan tidak memerlukan keterampilan khusus. Cukup belajar beberapa kali biasanya sudah mahir karena biasanya hanya cukup menekan satu tombol saja.

Hasilnya pengukuran dapat seketika diketahui berupa :
  1. Sistolik atau batas atas
  2. Diastolik atau batas bawah
  3. Pulse rate atau jumlah detak jantung per menit
Saat ini teknologi sudah semakin canggih, beberapa merk memiliki fitur tambahan antara lain :
  1. Memori sampai dengan ratusan kali pengukuran yang dapat didowload dianalisa menggunakan software tertentu di komputer.
  2. Level indicator yang dapat membantu mengetahui apakah pasien yang diperiksa mengalami hipertensi saat itu juga.
Tensimeter digital tentu menggunakan listrik sebagai sumber dayanya, kebanyakan menggunakan batu baterai namun ada juga yang menyediakan pilihan menggunakan adaptor.
Tensimeter yang menggunakan batu baterai sesungguhnya tidak merepotkan harus sering diganti karena beberapa merk tertentu baterai alkaline yang baru bisa digunakan untuk sampai dengan 1.500 kali pengukuran.

Cara merawat tensimeter digital

Biasanya tensimeter digital baru memiliki garansi dari pabrikan, ada yang satu tahun ada yang lebih misalnya dua tahun. Perawatan yang tepat akan menjamin tensimeter yang anda beli dapat klaim garansi. Kalaupun sudah habis masa garansinya dengan perawatan yang tepat ini alat yang anda miliki dapat awet hingga bertahun - tahun.

Cara perawatan tensimeter digital adalah sebagai berikut :
  1. Karena tensimeter digital adalah perangkat elektronik selalu simpan di tempat kering dan tidak terkena sinar matahari langsung.
  2. Hindarkan dari tikus kecoa, semut dan serangga lainnya untuk mencegah meraka masuk kedalam tensimeter dan merusaknya.
  3. Hindari dari benturan, terjatuh, terbanting dan masuk kedalam air dan cairan lainnya.
  4. Gunakan baterai yang berkualitas bagus jangan menggunakan yang murahan. baterai yang murahan mudah bocor dan dapat menyebabkan kerusakan permanen pada alat. Kerusakan seperti ini biasanya tidak dijamin oleh garansi.
  5. Jika tensimeter tidak digunakan untuk waktu yang lama misalnya 2 minggu, sebaiknya baterai dilepas saja.




Terima kasih untuk Like/comment FB :