Alat Pengukur Tensi

Alat pengukur tensi juga dikenal dengan tensimeter, yaitu alat yang digunakan untuk mengukur tekanan darah pada pasien. Tekanan darah ditandai dengan dua ukuran yaitu batas atas yang disebut dengan sistolik dan batas atas atau yang disebut dengan diastolik. Ukuran normal menurut kementerian kesehatan adalah 120 / 80, yaitu 120 adalah batas atasnya sedangkan 80 adalah batas bawahnya.

Kondisi tertentu seperti usia, penyakit, faktor keturunan dan penyebab yang lain dapat mengakibatkan tekanan darah menjadi tidak normal. Cara terbaik untuk mengetahui tingkat tekanan darah seseorang apakah Ia mengalami hipertensi atau tidak adalah dengan cara mengukur menggunakan tensimeter atau disebut dengan alat tensi darah.




Tensimeter digital Omron


Alat tensi darah bermacam macam jenis dan cara penggunanya. Jenis yang paling cocok untuk penggunaan pribadi di rumah adalah alat tensimeter digital. Alat ini sangat mudah digunakan bahkan oleh orang yang awam sekalipun. Dengan satu atau dua kali belajar biasanya sudah mahir.


Alat pengukur tensi digital

Alat tensi darah yang beredar di pasaran Indonesia saat ini antara lain :


1. Alat pengukur tensi digital Omron


Omron adalah salah satu merk yang terkenal di Indonesia saat ini. Harganya bermacam-maca tergantung tipenya. Tipe alat tensi darah merk omron yang paling sering digunakan yaitu :

a. Alat tensi darah Omron HEM 7111


Alat tensi darah Omron HEM 7111

Omron HEM 7111 adalah tipe dengan harga yang termurah dari varian tensimeter digital omron. Tipe ini sebaiknya hanya dipergunakan untuk screning atau pemeriksaan rutin bagi anda yang tidak memiliki riwayat hipertensi atau darah tinggi. Tipe ini hanya bisa mengukur sampai batas atas 180 mmhg, diatas itu biasanya akan eror.

b. Alat tensi darah Omron HEM 7203


Alat tensi darah Omron HEM 7203

Omron HEM 7203 adalah tipe yang lebih canggih dibandingkan HEM 7111, yaitu sudah bisa digunakan untuk anda yang memiliki riwayat hipertensi atau darah tinggi, meskipun biasanya harus diulang beberapa kali, biasanya tiga kali pengulangan untuk mendapatkan angka pengukuran yang tepat.

c. Alat pengukur tensi Omron HEM 7201


Alat tensi darah Omron HEM 7201

Omron HEM 7200 adalah tipe yang paling canggih dalam varian tensi digital omron yang dapat mengukur tekanan darah sampai angka berapapun tanpa eror. Bagi anda yang menderita hipertensi atau tekanan darah tinggi kami merekomendasikan untuk menggunakan tipe ini.


2 . Alat pengukur tensi digital Polygreen


Alat pengukur tensi merk polygreen adalah produk taiwan dengan lisesnsi jerman. tipe yang beredar di Indonesia antara lain :

1. Alat tensi darah digital polygreen KP6230



Polygreen KP623 adalah tipe yang paling murah dari keluarga polygreen, dipakainya di lengan bawah seperti jam tangan.

2. Alat pengukur tensi digital polygreen KP6931
Polygreen KP6931 digunakan di lengan atas memiliki keunggulan tombol dan layar yang berukuran besar sehingga cocok digunakan oleh para lansia. Penggunaanya juga cukup mudah, hanya dengan menekan satu tombol saja.

3. Alat pengukur tensi digital polygreen KP7520
Polygreen KP7520 adalah tipe dengan spesifikasi yang paling tinggi dengan segala kecanggihannya. Sudah dilengkapi dengan blood pressure suggest standar WHO yang dapat dijadikan panduan apakah seseorang mengalami hipertensi atau tidak.

alat pengukur tensi




Terima kasih untuk Like/comment FB :