Alat Pengukur Tekanan Darah

Alat pengukur tekanan darah sesuai dengan namanya digunakan untuk mengukur tekanan darah pada manusia. Setiap manusia memiliki jantung yang fungsinya memompa darah ke seluruh tubuh. Darah dialirkan melalui pembuluh darah. Karena ada jantung yang memompa darah melalui pembuluh darah maka timbullah tekanan darah. Tekanan darah ini dapat menjadi indikator tentang keadaan tubuh, alat pengukur tekanan darah disebut dangan alat tensi darah atau tensimeter, tekanan darah diukur dengan satuan mmhg atau milimeter air raksa, yaitu berapa tinggi air raksa yang bisa diangkat oleh tekanan darah.

Alat pengukur tekanan darah air raksa

Dahulu hanya dikenal satu macam alat tensi darah yaitu tensimeter air raksa. Alat pengukur tekanan darah ini terdiri dari 4 bagian penting yaitu :
  1. Pipa kapiler kaca berskala
  2. Air raksa
  3. Manset
  4. Pompa atau bulb



Alat Pengukur Tekanan Darah
Tensimeter air raksa

Penggunaan alat ini dibantu dengan alat yang lain yaitu stetoskop. Hasil pengukuran ditampilkan pada pipa kapiler kaca. Penggunaan alat tensi ini juga tidak mudah, biasanya pengukuran dilakukan oleh ahli kesehatan seperti dokter, bidan dan perawat. Tentu memerlukan keterampilan tertentu untuk dapat menggunakan alat ini.

Alat tensi ini tidak praktis karena berukuran besar dan berat sehingga susah dibawa kemana mana, pada umumnya digunakan di klinik atau rumah sakit saja. Saat ini tensimeter air raksa sudah mulai ditinggalkan, di beberapa negara sudah dilarang karena air raksa adalah logam berat yang dapat membahayakan kesehatan. Di Indonesia sendiri penggunaan dan penjualannya sendiri sudah mulai dibatasi.

Alat pengukur tekanan darah jarum / aneroid

Perkembagan alat tensi darah selanjutnya adalah tensimeter jarum atau dikenal juga dengan sebutan aneroid. Alat tensi ini tidak menggunakan air raksa untuk menampilkan hasil pengukurannya tapi menggunakan jarum seperti halnya jarum jam. Penggunaannya juga memerlukan alat bantu lainnya berupa stetoskop dan memerlukan keterampilan tertentu seperti halnya alat tensi air raksa.

Alat Pengukur Tekanan Darah
Alat pengukur tekanan darah jarum (aneroid)


Ukuran yang kecil dan ringan menjadi alasan disukai oleh mahasiswa kesehatan untuk praktikum kepada pasien. Kelemahan alat ini adalah tingkat akurasinya yang lebih rendah dibandingkan tensi air raksa. Disamping itu kadang jarumnya tidak menunjuk angka nol sehingga perlu dilakukan kalibrasi.

Alat pengukur tekanan darah Digital

Perkembangan teknologi yang semakin maju, alat tensi juga semakin canggih. Kini ada alat tensi digital yang sangat mudah digunakan hanya dengan menekan satu tombol saja hasil pengukuran dapat langsung dilihat di layar monitor.

Alat Pengukur Tekanan Darah
Alat pengukur tekanan darah digital


Alat ini sangat cocok digunakan secara pribadi dirumah karena mudah digunakan. Cukup satu dua kali belajar biasanya sudah mahir. Hasil pengukurannya juga cukup presisi pada angka yang ditampilkan di layar

Jual alat pengukur tekanan darah

TokoAlkes adalah alat kesehatan dan kedokteran yang menjual berbagai macam dan jenis alat tensi darah. Silahkan hubungi kami di :

TokoAlkes®
  • Jl. Pasir kaliki no. 239B (depan Rumah Sakit Hasan Sadikin) Bandung
  • Telp. 0851 0117 9366 / 022 2032522 fax 2041315
  • SMS / WhatsApp : 0822 144 623 86 / 081 12 2345 05
  • BBM : 29EAB6F3
Jika anda berdomisili di Kota Bandung dan sekitarnya silahkan datang langsung ke alamat tersebut. Kami juga melayani pengiriman ke seluruh Indonesia, silahkan kunjungi toko online kami :

www.tokoalkes.com



Terima kasih untuk Like/comment FB :